Home BUDAYA TOKOH MASYARAKAT MELAK KUTAI BARAT : MERUPAKAN SUATU KEMUNDURAN BILA PEMERINTAH MENJADIKAN...

TOKOH MASYARAKAT MELAK KUTAI BARAT : MERUPAKAN SUATU KEMUNDURAN BILA PEMERINTAH MENJADIKAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI ANGKUTAN UMUM.

0

KUTAI BARAT – Pemerintah pusat berencana melakukan revisi terhadap Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Salah satu sasaran revisi yang akan dilakukan yaitu terhadap perubahan status kendaraan roda dua pada Pasal 47 yaitu mengubah kendaran sepeda motor roda dua menjadi kendaraan umum. Hal ini merupakan buntut dari polemik yang terjadi antara ojek online dan ojek konvensional.

Isu rencana revisi UU LLAJ yang akan dilakukan pemerintah juga merambah wilayah Provinsi Kalimantan Timur. Namun demikian, terjadi penolakan oleh Masyarakat terhadap rencana revisi tersebut. Salah satu Tokoh Masyarakat Kabupaten Kutai Barat Arif Muslikin, mengatakan “ merupakan suatu kemunduran bila pemerintah melegalkan kendaraan roda dua atau sepeda motor menjadi angkutan umum”. Arif menambahkan bahwa sepeda motor belum bisa dikatakan layak bila dijadikan angkutan umum karena tidak memenuhi standart keselamatan sebagai angkutan umum. Belum lagi di Indonesia angka kecelakaan yang mengakibatkan sepeda motor masih terhitung tinggi.
Arif berharap pemerintah melakukan kajian yang lebih mendalam terkait rencana revisi yang akan dilakukan. “ salah satu aspek penting yang harus di perhatikan dalam menentukan moba angkutan umum adalah keselamatan penumpang. Oleh sebab itu, sepeda motor masih belum layak untuk dinaikkan status menjadi kendaraan anggkutan umum”.

SHARE