Home BUDAYA Cegah intoleransi antar umat beragama, Polmas Polsek Muara Lawa sambangi gereja GPDI...

Cegah intoleransi antar umat beragama, Polmas Polsek Muara Lawa sambangi gereja GPDI kampung Benggeris.

0

Kabupaten Kutai Barat memiliki ke anekaragaman suku, budaya maupun agama, hal demikian apabila tidak dikelola dengan baik tentu  sangat rentan terhadap perbedaan akibat dari berbagai isu yang berbau suku agama dan ras. Untuk melakukan upaya pencegahan terhadap kasus intoleransi institusi Polres beserta jajarannya sangat intens melakukan sambang ke seluruh lapisan masyarakat.Kabupaten Kutai Barat memiliki ke anekaragaman suku, budaya maupun agama, hal demikian apabila tidak dikelola dengan baik tentu  sangat rentan terhadap perbedaan akibat dari berbagai isu yang berbau suku agama dan ras. Untuk melakukan upaya pencegahan terhadap kasus intoleransi institusi Polres beserta jajarannya sangat intens melakukan sambang ke seluruh lapisan masyarakat.
Melalui media ini  Kapolres Kutai Barat AKBP I Putu Yuni Setiawan, S.IK MH  menerangkan bahwa untuk menghindarkan terjadinya intoleransi antar suku maupun antar agama, dirinya sangat berharap kepada kepada seluruh anggota untuk selalu melakukan pendekatan kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga warga masyarakat memahami pentingnya toleransi dan menjadikan perbedaan sebagai warna warni dalam kehidupan.
Pernyataan beliau inilah yang selanjutnya disikapi oleh Polmas Polsek Muara Lawa Brigpol Asep, disela sela dalam kegiatan ibadah mingguan di gereja GPDI  Kampung Benggeris  menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan para jemaatnya.
Guna meningkatkan kondusifitas Kamtibmas, Polmas polsek Muara lawa berserta anggotanya meningkatkan intensitas sambang atau berkunjung kepada para tokoh baik tokoh masyarakat tokoh adat maupun tokoh agama, hal ini dilakukan sebagai wujud sinergitas antara Polri dengan para tokoh dalam menangkal segala bentuk intoleransi.
Pada kesempatan tersebut Asep mengajak kepada Jemaat gereja untuk saling menjaga toleransi,  masyarakat jangan  mudah untuk  menerima pengaruh asing, menerima ataupun menghargai agama orang lain dan bersama sama dalam mencegah terjadinya konflik sosial maupun konflik kepentingan. Sehingga kondusifitas kamtibmas di wilayah muara lawa tetap terjaga.
Asep juga menambahkan bahwa dalam mencegah terjadinya kasus intoleransi khususnya di wilayah Muara lawa dirinya menginstruksikan kepada personil Bhabinkamtibmas dan intelkam untuk intens melakukan kunjungan kepada para tokoh yang ada di Muara Lawa ini, sehingga nantinya para tokoh ini ikut berperan dalam menangkal segala bentuk intoleransi, terangnya.

SHARE