Home GALLERY “Ikuti Sosialisasi Pemilih Pemula Dan Perempuan Kapolsek Ingatkan Tidak Milih Ganda”

“Ikuti Sosialisasi Pemilih Pemula Dan Perempuan Kapolsek Ingatkan Tidak Milih Ganda”

0

Istilah golongan putih (golput) menjadi momok ingin dihilangkan oleh penyelenggara pemilu mulai dari tingkat KPPS, PPS, PPK sampai KPU.¬†Guna meminimalisir angka golput ini, penyelenggara pemilu harus memiliki strategi dan metode dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. Demikian salah satu maksud dilakukannya sosialisasi yang diikuti Kapolsek Bongan Jum’at (13/04) di BPU Kp.Jambuk Makmur Kec.Bongan kemarin.

Sejalan dengan arahan Kapolres Kutai Barat AKBP I Putu Yuni Setiawan, S.I.K, M.H, pada beberapa kesempatan yang disampaikan kepada para Kapolsek dan jajarannya.

Pada kesempatan tersebut, Komisioner KPU Kubar Suhaini, Ketua Panwaslu Kubar Muhtar Kusuma Atmaja dalam paparannya memberikan penjelasan tupoksi masing-masing termasuk tanggung jawab pemerintah dan aparat keamanan dalam pelaksanaan Pilgub Kaltim 2018.

Kapolsek pada kesempatan tersebut menghimbau bahwa pemilih pemula dan perempuan harus berhati-hati jangan sampai memilih lebih dari satu kali di satu atau lebih TPS.

“Saya menghimbau kepada pemilih pemula dan perempuan jangan memberikan suara atau mencoblos lebih dari satu suara karena itu merupakan tindak pidana dan diancam penjara”, tegas Kapolsek.

Lanjutnya, “Sebagaimana dimaksud dalam pasal 178B inti isinya, barang siapa dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum memilih lebih dari satu kali di satu TPS atau lebih, diancam pidana penjara paling singkat 36 bulan dan paling lama 108 bulan atau denda paling sedikit 36 juta dan paling banyak 108 juta rupiah”, terangnya.

Diakhir kesempatan Kapolsek memberikan pertanyaan kepada pemilih pemula dan perempuan seputar materi yang disajikan pemapar yakni apa kepanjangan TPS, PPS dan PPK. Karena pemilih pemula maka beberapa kali jawaban peserta masih dinyatakan belum sempurna atau belum benar semuanya, baik oleh Komisioner KPU maupun Ketua Panwaslu Kubar dan suasana semakin hidup dan meriah, akhirnya peserta yang paling mendekati benar mendapat hadiah hiburan dari Kapolsek Bongan.

“Mengapa hal yang mendasar ini saya tanyakan, tentu sosialisasi ini harus ada hasil sehingga peserta pemilih pemula menjadi paham dan mengerti berkaitan dengan Pilgub 2018 tahun ini serta berharap tidak ada lagi golput karena ketidaktahuan pemilih sehingga pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Kaltim 2018 ini. Saya juga mengajak kita semua agar menjaga situasi kamtibmas tetap aman dan kondusif”, tutup Kapolsek Bongan.

SHARE